Asparagus dan manfaatnya

Halo Sahabat Makan Baik!

Asparagus merupakan salah satu jenis sayuran banyak terdapat di Eropa, Afrika bagian utara dan Asia bagian barat. Asparagus termasuk yang memiliki banyak manfaat, yaitu sebagai sumber vitamin A, C, dan K yang sangat baik, serta folat, riboflavin, dan tiamin, juga tinggi serat dan mineral mangan, tembaga, dan kalium. Satu porsi asparagus mengandung zat antioksidan, yang mengandung beta-karoten dan lutein. Bahan makan ini hanya mengandung 20 kalori per porsi. Terakhir, asparagus kaya akan senyawa yang dikenal sebagai fructooligosaccharides (FOS), sejenis serat larut.

Meskipun asparagus adalah makanan yang relatif langka sampai baru-baru ini, asparagus sekarang tersedia sepanjang tahun di banyak negara. Asparagus putih, yang memiliki kandungan beta-karoten dan lutein lebih rendah daripada varietas hijau, juga dapat ditemukan di sebagian besar toko bahan makanan.

Manfaat Asparagus

Asparagus tinggi folat, yang selama kehamilan membantu mencegah cacat tabung saraf, seperti spina bifida, pada janin. Ini juga menurunkan kadar homosistein dalam darah (senyawa yang terkait dengan penyakit jantung), stroke, dan demensia.

Penelitian juga menunjukkan bahwa FOS sangat bermanfaat. Tidak hanya membantu menurunkan lipid darah, seperti kolesterol dan trigliserida, tetapi juga bertindak sebagai prebiotik, zat yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus.

Sebuah studi tahun 2012 di Current Oncology melaporkan bahwa senyawa dalam ekstrak asparagus menekan pertumbuhan sel kanker hati, “menunjukkan bahwa mereka mungkin menjadi agen yang kuat” untuk pengobatan kanker hati.

Memanfaatkan Asparagus Secara Maksimal

Untuk mengawetkan zat gizi dapat dengan memasukkan asparagus ke dalam kulkas/pendingin setelah dibeli dan digunakan sesegera mungkin. Metode memasak terbaik untuk mencegah kehilangan zat gizi adalah dengan mengukus; Namun, asparagus panggang juga menjaga zat gizi dan menghasilkan rasa yang luar biasa. Baik asparagus dikukus atau dipanggang, dicampur dengan jus lemon segar menambah vitamin C dan rasa asam.

Sumber: Reinhard, T. (2010). Superfoods: the healthiest foods on the planet. Cove.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>