“Minum Kopi” setiap hari bisa mencegah berbagai penyakit!

Halo Sahabat Makan Baik!

Tahu kah kamu bahwa “kopi” pertama kali dibudidayakan di Ethiopia pada abad keenam Masehi, tanaman kopi kemungkinan besar diperkenalkan ke Eropa oleh Muslim. Penjajah Prancis mendirikan perkebunan kopi pertama di Amerika pada tahun 1700-an. Pada awal abad berikutnya, Brasil telah menjadi produsen utama, dan kini menjadi pengekspor terbesar di dunia. Produsen utama lainnya termasuk Kolombia dan Vietnam.

Kopi telah lama menjadi salah satu minuman paling populer di dunia, tetapi juga salah satu yang paling sering “difitnah”, dengan laporan rutin tentang efek merugikannya. Baru-baru ini, bagaimanapun, banyak penelitian menunjukkan fakta sebaliknya, minum kopi memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Hanya 2 cangkir (470 ml) kopi sehari memberikan hampir seperempat Nilai Harian untuk riboflavin dan merupakan sumber asam pantotenat, mangan, dan kalium yang baik. Kopi juga mengandung antioksidan polifenol termasuk asam caffeic, dan turunan dari senyawa tersebut yang dikenal sebagai asam klorogenat. Selain itu, di dalam mengandung kafein yang telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kinerja fisik.

Bukti yang sehat

Sebuah studi di 2010 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan efek kopi pada inflamasi dan oksidasi, proses yang terkait dengan banyak penyakit. Minum kopi mengurangi proses pada subjek, dan meningkatkan kolesterol HDL: melindungi dari penyakit jantung.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine melaporkan bahwa untuk setiap cangkir kopi yang dikonsumsi setiap hari (termasuk kopi tanpa kafein) ada penurunan risiko diabetes sebesar 7%.

Kopi juga melindungi dari kanker, menurut sebuah studi 2010 yang dipresentasikan di American Association for Cancer Research, yang melaporkan bahwa pria dengan asupan kopi tertinggi 60% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker prostat. Sebuah studi tahun 2012 di Cancer Research melaporkan efek perlindungan terhadap karsinoma sel basal kulit.

Dan, mungkin yang paling penting, laporan tahun 2012 di New England Journal of Medicine menemukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari semua penyebab kematian.

Cara Konsumsi Kopi yang Baik

Menambahkan gula dan krim dapat meningkatkan asupan kalori jika Anda banyak minum kopi. Jika satu sendok teh masing-masing disertakan dalam setiap cangkir, 4-8 cangkir kopi sehari akan menambah 120-240 kalori sehari. Untuk menghindarinya, cobalah membuat kopi hitam, dan gunakan pemanis rendah kalori.

Kandungan Gizi Kopi Segar ~ 235 gr

  • Energi: 2 kkal
  • Karbohidrat: 0 gr
  • Protein: 0.3 gr
  • Lemak: 0.1 gr
  • Serat: 0 gr

Sumber: Reinhard, T. (2010). Superfoods: the healthiest foods on the planet. Cove.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>